A. Program Tahunan
1. Pengertian Program
Tahunan
Program tahunan adalah Rancangan kegiatan belajar mengajar
secara garis besar yang dibuat dalam jangka waktu satu tahun dengan
memperhatikan analisis kurikulum beserta perhitungan pekan efektif
Program
tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas, yang
dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan sebagai pedoman bagi
pengembangan program-program selanjutnya, seperti program semester, program
mingguan, dan program harian atau program pembelajaran setiap pokok bahasan.
Program
tahunan memuat penjabaran alokasi waktu tiap-tiap standar kompetensi dan
kompetensi dasar untuk tiap semester dan tiap kelas selama satu tahun
pelajaran. Program tahunan selanjutnya dijabarkan secara rinci pada program
semester. Program tahunan dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun
pelajaran dimulai, karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-program
berikutnya.
2.
Cara-cara
membuat Program Tahunan
a.
Mengidentifikasi jumlah kompetensi dasar dan indikator
dalam satu tahun.
b.
Mengidentifikasi keluasan dan kedalaman kompetensi dasar
c.
Melakukan pemetaan kompetensi dasar untuk tiap semester
d.
Menentukan alokasi waktu untuk masing-masing kompetensi
dengan memperhatikan pekan efektif
3.
Contoh
Program Tahunan
PROGRAM TAHUNAN
|
||||||
Sekolah
|
:
SMP Semen Padang
|
|||||
Mata
Pelajaran
|
:
Matematika
|
|||||
Satuan
Pendidikan
|
:
SLTP / MTsN
|
|||||
Kelas
|
:
IX
|
|||||
Tahun
Pelajaran
|
:
2011/2012
|
|||||
No.
|
SMT
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
KET.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
1
|
1.
Memahami kesebangungan
|
1.1.
Mengidentifikasi bangun-
|
5×40 menit
|
|
|
|
|
bangun datar dan penggunaannya
|
bangun datar yang sebangun
|
|
|
|
|
|
dalam pemecahan masalah
|
dan kongruen
|
|
|
|
|
|
|
1.2.
Mengidentifikasi sifat-sifat dua
|
3×40 menit
|
|
|
|
|
|
segitiga sebangun dan kongruen
|
|
|
|
|
|
|
dan kongruen
|
|
|
|
|
|
|
1.3.
Menggunakan konsep kese-
|
10×40 menit
|
|
|
|
|
|
bangunan segitiga dalam
|
|
|
|
|
|
|
pemecahan masalah
|
|
|
|
|
|
Ulangan Harian I
|
|
2×40 menit
|
|
|
2
|
|
2.
Memahami sifat-sfat tabung,
|
2.1
Mengidentifikasi unsur-unsur
|
3×40 menit
|
|
|
|
|
kerucut dan bola serta menentu
|
tabung, kerucut dan bola
|
|
|
|
|
|
kan ukurannya.
|
2.2
Menghitung luas selimut dan
|
15×40 menit
|
|
|
|
|
|
volume tabung, kerucut & bola
|
|
|
|
|
|
|
2.3
Memecahkan masalah yang
|
2×40 menit
|
|
|
|
|
|
berkaitan dengan tabung,
|
|
|
|
|
|
|
kerucut dan bola.
|
|
|
|
|
|
Ulangan Harian II
|
|
3×40 menit
|
|
|
3
|
|
3.
Statistik dan peluang melakukan
|
3.1
Menentukan rata-rata, median,
|
5×40 menit
|
|
|
|
|
pengolahan dan penyajian data
|
dan modus data tunggal serta
|
|
|
|
|
|
|
penafsirannya
|
|
|
|
|
|
|
3.2
Menyajikan data dalam bentuk
|
7×40 menit
|
|
|
|
|
|
tabel dan diagram batang, garis
|
|
|
|
|
|
|
dan lingkaran.
|
|
|
|
|
|
Ulangan Harian III
|
|
3×40 menit
|
|
|
4
|
|
4.
Memahami peluang kejadian
|
4.1
Menentukan ruang sampel
|
2×40 menit
|
|
|
|
|
sederhana
|
suatu percobaan
|
|
|
|
|
|
|
4.2
Menentukan peluang suatu
|
8×40 menit
|
|
|
|
|
|
kejadian sederhana
|
|
|
|
|
|
Ulangan Harian IV
|
|
2×40 menit
|
|
|
|
|
Cadangan
|
|
15×40 menit
|
|
|
|
|
Jumlah I
|
|
85×40 menit
|
|
|
5
|
II
|
Bilangan
|
|
|
|
|
|
|
5.
Memahami sifati-sifat bilangan
|
5.1
Menidentifikasi sifat-sifat
|
5×40 menit
|
|
|
|
|
berpangkat dan bentuk akar
|
bilangan berpangkat dan
|
|
|
|
|
|
serta penggunaannya dalam
|
bentuk akar
|
|
|
|
|
|
pemecahan masalah sederhana
|
5.2
Melakukan operasi aljabar yg
|
15×40 menit
|
|
|
|
|
|
melibatkan bilangan berpangkat
|
|
|
|
|
|
|
bulat dan bentuk akar
|
|
|
|
|
|
|
5.3
Memecahkan masalah seder-
|
3×40 menit
|
|
|
|
|
|
hana yang berkaitan dengan
|
|
|
|
|
|
|
bilangan berpangkat dan
|
|
|
|
|
|
|
bentuk akar
|
|
|
|
|
|
Ulangan Harian I
|
|
2×40 menit
|
|
|
|
|
6.
Memahami barisan dan deret
|
6.1
Menentukan pola barisan
|
5×40 menit
|
|
|
|
|
bilangan serta penggunaannya
|
bilangan sederhana
|
|
|
|
|
|
dalam pemechana masalah
|
6.2
Menentukan suku ke-n barisan
|
5×40 menit
|
|
|
|
|
|
aritmatika dan barisan geometri
|
|
|
|
|
|
|
6.3
Menentukan jumlah n suku
|
5×40 menit
|
|
|
|
|
|
pertama seret aritmatika dan
|
|
|
|
|
|
|
deret geometri
|
|
|
|
|
|
|
6.4
Memecahkan masalah yang
|
3×40 menit
|
|
|
|
|
|
berkaitan dengan barisan dan
|
|
|
|
|
|
|
deret.
|
|
|
|
|
|
Ulangan Harian II
|
|
2×40 menit
|
|
|
|
|
Cadangan
|
|
20×40 menit
|
|
|
|
|
Jumlah II
|
|
65×40 menit
|
|
|
|
|
Jumlah seluruhnya
|
|
150×40 menit
|
|
|
Mengetahui:
|
Padang, Mei 2011
|
|||||
Kepala
SMP Semen Padang
|
Guru Matematika
|
|||||
Gusriadi,
S.Pd
|
Desy Andria Ningsih, S.Pd
|
|||||
NIP
: 336 99 70
|
NIP : 111 08 13
|
B.
Program
Semester
1. Pengertian Program
Semester
Program semester adalah rancangan kegiatan belajar mengajar
secara garis besar yang dibuat dalam jangka waktu satu semester dengan
memperhatikan program tahunan dan alokasi waktu tiap minggu . Program semester
merupakan penjabaran dari program tahunan. Isi dari program semester adalah
tentang bulan, pokok bahasan yang hendak disampaikan, waktu yang direncanakan,
dan keterangan-keterangan.
2.
Cara-cara
membuat Program Semester
a. Mengidentifikasi jumlah kompetensi dasar dan indikator
dalam satu tahun.
b. Mengidentifikasi keluasan dan kedalaman kompetensi dasar
dan indikator
c. Melakukan pemetaan kompetensi dasar untuk tiap semester
d. Menentukan alokasi waktu untuk masing-masing kompetensi
dengan memperhatikan pekan efektif
3.
Contoh
Program Semester
PROGRAM SEMESTER
SEKOLAH :
SMP Semen Padang
MATA PELAJARAN :
Matematika
KELAS / SEMESTER :
IX/ I
TAHUN PELAJARAN :
2011 / 2012
ALOKASI WAKTU :
60 Jam Pelajaran
RINCIAN
MINGGU EFEKTIF DAN JUMLAH JAM EFEKTIF
A.
Jumlah minggu dalam satu semester
No.
|
Nama Bulan
|
Banyak Minggu
|
Minggu
Tidak
Efektif
|
Minggu
Efekeif
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
|
4
4
5
4
4
5
|
1
4
1
-
-
3
|
3
-
4
4
4
2
|
Jumlah
|
26
|
9
|
17
|
B.
Jumlah minggu yang tidak efektif
1.
Libur Semester II TP.2010/2011 :
1 minggu
2.
Libur Puasa dan Hari Raya Idul
Fitri : 5 minggu
3.
Ujian Semester I TP 2011/2012 : 1 minggu
4.
Class meeting :
1 minggu
5.
Libur Semester I TP 2009/2010 :
1 minggu
Jumlah :
9 minggu
C.
Jumlah minggu efektif
F 26 minggu – 9 minggu = 17 minggu
D.
Perhitungan jam efektif
1.
Jumlah jam pelajaran 1 minggu : 5 jam pelajaran
2.
Jumlah jam pelajaran 1 semester : 17 × 5 = 85 jam pelajaran
3.
Ulangan Harian : 10 jam
pelajaran
4.
Cadangan :
15 jam pelajaran
5.
Jumlah jam efektif : 85 – 25 jam pelajaran
= 60 jam pelajaran
Mengetahui, Padang, Mei 2011
Kepala
SMP Semen Padang Guru
Mata Pelajaran
Gusriadi,
S.Pd Desy
Andria Ningsih, S.Pd
NIP :
336 99 70 NIP
: 111 08 13
C.
Kalender
Akademik
1.
Pengertian
Kalender Akademik
Kurikulum satuan pendidikan pada setiap jenis dan
jenjang diselenggarakan dengan mengikuti kalender pendidikan pada setiap tahun
ajaran. Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran
peserta didik selama satu tahun ajaran. Kalender pendidikan mencakup permulaan
tahun ajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari
libur.
Permulaan
tahun pelajaran adalah waktu dimulainya kegiatan pembelajaran pada awal tahun
pelajaran pada setiap satuan pendidikan.
Minggu
efektif belajar adalah jumlah minggu kegiatan pembelajaran untuk setiap tahun
pelajaran pada setiap satuan pendidikan.
Waktu
pembelajaran efektif adalah jumlah jam pembelajaran setiap minggu, meliputi
jumlah jam pembelajaran untuk seluruh matapelajaran termasuk muatan lokal,
ditambah jumlah jam untuk kegiatan pengembangan diri.
Waktu
libur adalah waktu yang ditetapkan untuk tidak diadakan kegiatan pembelajaran
terjadwal pada satuan pendidikan yang dimaksud. Waktu libur dapat berbentuk
jeda tengah semester, jeda antar semester, libur akhir tahun pelajaran, hari
libur keagamaan, hari libur umum termasuk hari-hari besar nasional, dan hari libur
khusus.
Alokasi
waktu minggu efektif belajar, waktu libur dan kegiatan lainnya tertera pada
Tabel 26.
Tabel
26. Alokasi Waktu pada Kelender Pendidikan
No.
|
kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
keterangan
|
1
|
Minggu
efektif belajar
|
Minimum
34 minggu, maksimum 38 minggu
|
Digunakan
untuk pembelajaran efektif pada setiap tahun pendidikan
|
2
|
Jeda
tengah semester
|
Maksimum 2
minggu
|
Satu
minggu setiap semester
|
3
|
Jeda
antarsemester
|
Maksimum 2
minggu
|
Antara
semester I dan II
|
4
|
Libur akhir
tahun
pelajaran
|
Maksimum 3
minggu
|
Digunakan
untuk penyiapan kegiatan
dan
administrasi akhir dan awal tahun
pelajaran
|
5
|
Hari
libur keagamaan
|
2 – 4
minggu
|
Daerah khusus
yang memerlukan libur
keagamaan
lebih panjang dapat
mengaturnya
sendiri tanpa mengurangi
jumlah minggu
efektif belajar dan
waktu
pembelajaran efektif
|
6
|
Hari libur
umum/nasional
|
Maksimum 2
minggu
|
Disesuaikan
dengan Peraturan
Pemerintah
|
7
|
Hari
libur khusus
|
Maksimum 1
minggu
|
Untuk satuan
pendidikan sesuai dengan
ciri
kekhususan masing-masing
|
8
|
Kegiatan
khusus
sekolah/madrasah
|
Maksimum 3
minggu
|
Digunakan
untuk kegiatan yang
diprogramkan
secara khusus oleh
sekolah/madrasah
tanpa mengurangi
jumlah minggu
efektif belajar dan
waktu
pembelajaran efektif
|
2.
Cara-cara
Penetapan Kalender Akademik
Cara penetapan Kalender
Akademik adalah sebagai berikut:
a.
Permulaan tahun pelajaran adalah bulan Juli
setiap tahun dan berakhir pada bulan Juni tahun berikutnya.
b.
Hari libur sekolah ditetapkan berdasarkan
Keputusan Menteri Pendidikan Nasional, dan/atau Menteri Agama dalam hal yang
terkait dengan hari raya keagamaan, Kepala Daerah tingkat Kabupaten/Kota,
dan/atau organisasi penyelenggara pendidikan dapat menetapkan hari libur
khusus.
c.
Pemerintah Pusat/Provinsi/Kabupaten/Kota
dapat menetapkan hari libur serentak untuk satuan-satuan pendidikan.
d.
Kalender pendidikan untuk setiap satuan
pendidikan disusun oleh masing-masing satuan pendidikan berdasarkan alokasi
waktu sebagaimana tersebut pada dokumen Standar Isi ini dengan memperhatikan
ketentuan dari pemerintah/pemerintah daerah.
3.
Contoh
Kalender Akademik
Terimakasih sudah mempublikasikan ilmunya,,,sangat membantu ^^
BalasHapusmakasih qaqa
BalasHapuscontoh kalender akademiknya mana ya???
BalasHapus